Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI METRO

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI METRO

Jl. Sutan Syahrir No. 65 Kec.Metro Barat Kota, Metro Lampung Email : admin@pn-metro.go.id - (0725) 41624

ctsYoutube PN MetroFacebooke-TILANG


Logo Artikel

PROSEDUR PENYITAAN

Prosedur Penyitaan

Prosedur Penyitaan

  1. Ketua Pengadilan Negeri di wilayah mana barang yang akan disita berada, berwenang untuk memberikan izin / persetujuan penyitaan atas permohonan penyidik.

  2. Apabila perkara tersebut dilimpahkan kepada Pengadilan Negeri di tempat terjadinya tindak pidana, maka yang berwenang memberi izin penyitaan adalah Ketua Pengadilan Negeri tersebut, sedangkan Ketua Pengadilan Negeri di wilayah mana barang yang akan disita itu berada, hanya "Mengetahui".

  3. Apabila dalam persidangan Hakim memandang perlu dilakukan penyitaan atas suatu barang, maka perintah Hakim untuk melakukan penyitaan ditujukan kepada Penyidik melalui Penuntut Umum.

  4. Ketentuan mengenai penyitaan, yang terdapat dalam KUHAP berlaku pula untuk tindak pidana khusus (misalnya tindak pidana korupsi) sepanjang tidak diatur lain.

Sumber: - Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Peradilan Pidana Umum dan Pidana Khusus, Buku II, Edisi 2007, Mahkamah Agung RI, 2008, hlm. 53-54.


             PENELITIANPERPUSTAKAANSURVEY JDIH DELEGASI

 

8568

Segenap Keluarga Besar Pengadilan Negeri Metro Kelas IB Mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin Semoga Ibadah kita dibulan ramadhan sebulan lalu dapat diterima dan mendapat ridho dari Allah Swt sehingga di hari yang fitri kita dapat benar - benar kembali menjadi suci.

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech